Minggu, 24 April 2011

AURAT PRIA DAN WANITA DILUAR SHALAT

AURAT PRIA DAN WANITA DILUAR SHALAT

Aurat pria diluar shalat

a. Menurut pendapat kalangan Syafi’iah, anggota tubuh mulai dari pusar sampai lutut.

Keterangan mughni al-Muhtaj jld I hal 256

Fatawi al-Mu’ashirah, jld II hal 265

b. Menurut Ibn Hazm, pusar sampai paha

keterangan Fatawi al-Mu’ashirah, jld II hal 265

c. Menurut Imam malik dan ahmad, aurat pria hanya dubur dan alat kelamin

Keterangan mughni al-Muhtaj jld I hal 256

Fatawi al-Mu’ashirah, jld II hal 265

Aurat pria diluar shalat

a. Pendapat syafi’iah, aurat wanita Seluruh tubuh kecuali wajah dan sampai pergelangan tangan.

Keterangan mughni al-Muhtaj jld I hal 256

b. Pendapat sebagian ulama’ aurat wanita seluruh tubuh kecuali wajah, kepala, tangan dan bawah mata kaki

Keterangan mughni al-Muhtaj jld I hal 256

Fatawi al-Mu’ashirah, jld II hal 263

Tafsir al-Qurtubi jld 12 hal 216

c. Aurat bagi wanita pekerja (karyawati) disamakan dengan aurat budak yaitu mulai badan hingga lutut

Keterangan Nihaya al-Zein, hal 48

Mughni al-Muhtaj jld I hal 256

10 . ORANG JUNUB MEMBACA AL QUR’AN

Bagaimanakah Orang yang sedang junub membaca AL- Qur”an ?

1. Menurut Syafi’iyah : Haram bagi orang yang junub dengan sengaja membaca Al-Qur’an meskipun satu huruf

الشافعية قالوا : يحرم على الجنب قرأة القرأن ولوحرفا واحدا ان كان قاصدا تلاوته الخ ..مذاهب الاربعة جزء الاول ص ۱۱۲

فرع فى مذاهب العـلماء فى قرأة الجنب والحائض. مذهبنا انه يحرم على الجنب والحائض قرأة القرأن قـليلها وكثيرها حتى بعض أبة وبهذا قال اكثر العـلماء. المجموع جزء الثانى ص۱۷۸

1. Menurut Imam Dawud : Boleh bagi orang junub membaca Al-qur’an baik sedikit maupun banyak.

وقال داود يجوز للجنب والحائض قرأة كل القرأن وروي هذا عن ابن عباس وابن المسيب . المجموع جزء الثانى ص ۱۷۹

11. SIKSAAN BAGI ORANG YANG BUNUH DIRI

ويثـتـثنى ما اذا كان المكره – بفتح الراء- غيرمـميز لصغر اوجنون فانه يجب القصاص على المكره – بكسر الراء – بخلاف البالغ الاعجمى فانه لايخفى عليه انه لايجوز له قتـل نفسه بخلاف ما اذا أمره بقتل غيره فعل.

مغنى المحتاج جزء الرابع ص 14

يرى يعض الفقهاء أن الرضا او الاذن بالقتل لايـبـيح القتل لان الانسان غير مالك نفسه. وانما هى مملوكة لله عز وجل فلا تباح عصمة النفس الا بما نص عليه الشرع الفقه الاسلام جزء السادس ص 260

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم أعظم الكبائر عند الله قتل النفس, من قتل نفسه بسكين لاتـزال الملائكة تطعنه بتلك السكين فى أودية جهنم وان ألقى نفسه من مكان حتى يموت لاتـزال الملائكة تلقيه من شاهـق الى واد فى النار وان علـق نفسه بحبل فمات لايبرح معلقا فى جذوع من نار وان قتـل غيره بغير حق لاتـزال الملائكة تذبحه بسكين من نار وهكذا فالجزاء من جنس العملٍ (قامع الطغيان ص 12)

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم أعظم الكبائر عند الله قتل النفس, من قتل نفسه بسكين لاتـزال الملائكة تطعنه بتلك السكين فى أودية جهنم وان ألقى نفسه من مكان حتى يموت لاتـزال الملائكة تلقيه من شاهـق الى واد فى النار وان علـق نفسه بحبل فمات لايبرح معلقا فى جذوع من نار وان قتـل غيره بغير حق لاتـزال الملائكة تذبحه بسكين من نار وهكذا فالجزاء من جنس العملٍ (قامع الطغيان )

“Rasulullah telah bersabda “Dosa yang paling besar menurut Allah adalah melakukan bunuh diri. Barang siapa bunuh diri dengan memakai pisau (senjata tajam) maka kelak di neraka Jahannam ia akan disiksa oleh malaikat beulang-ulang dengan cara menusukkan pisau pada dirinya. Barang siapa yang bunuh diri dengan cara melompat dari tempat yang tinggi niscaya di dalam neraka ia akan dilemparkan dari tempat yang tinggi ke dasar neraka dengan tiada hentinya. Dan orang yang melakukan gantung diri (kendat) niscaya di dalam neraka ia akan digantung di tiang gantungan terus menerus. Barang siapa yang membunuh orang lain tanpa alasan yang benar maka ia akan di gorok dengan pisau (senjata tajam ) dari api. Dan jenis siksaan diatas disesuaikan dengan bentuk perbuatannya”. (Qami’ al-Tughyan,hal 12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar